Media Sosial Sebagai Pemicu Perubahan di Indonesia

4 May 2011

Kekuatan media sosial (social media) kini tidak hanya dirasakan di dunia online, namun juga telah merambah ke dunia offline. Beberapa tahun lalu tidak ada yang pernah membayangkan bahwa suatu rezim pemerintahan bisa runtuh karena media sosial bernama facebook.

People power sudah lama menjadi senjata masyarakat di berbagai negara untuk melakukan perubahan, dan kini social media membuat perubahan tersebut menjadi lebih cepat dan masif. Lalu bagaimana peranan media sosial dalam melakukan perubahan di Indonesia?

@akademiberbagi dan @internetsehat mengadakan acara kumpul-kumpul dan ngobrol santai bersama berbagai komunitas yang menggunakan internet dan media sosial dalam berbagai aktivitasnya di masyarakat. Acara berjudul “Media Sosial sebagai Pemantik Perubahan di Indonesia” ini diawali dengan nonton bareng Film #Linimas(s)a, film dokumenter dengan Donny B.U. sebagai inisiatornya yang memetakan gerakan masyarakat melalui media sosial di Indonesia.

Agenda selanjutnya adalah pemaparan dari Dr Yanuar Nugroho (Peneliti asal Indonesia di Manchester University, Inggris) mengenai hasil riset Universitas of Manchester dan HIVOS asia tenggara tentang “Citizens in @ction

Dengan dipandu oleh Dr Onno Purbo (Pakar Internet), Dr Yanuar Nugroho akan mengajak seluruh peserta untuk mendiskusikan berbagai hal, seperti: peta pemanfaatan media sosial di Indonesia, kiat mengoptimalkan media sosial, hingga tudingan bahwa media sosial sebagai pembawa perubahan adalah sesuatu yang terlalu dilebih-lebihkan.

Acara ini diharapkan semakin membuka mata kita mengenai seluk beluk media sosial dan bagaimana memanfaatkannya dalam kehidupan kita sehari-hari.

Jadwal Acara:

Hari / Tanggal : Kamis / 12 Mei 2011
Jam : 19.00 s/d 21.00 WIB (Bagi peserta yang datang lebih awal, pada pukul 18.15 WIB akan diputar film #linimas(s)a
Tempat : Pusat Kebudayaan Jerman Jakarta (GOETHE INSTITUT / HAUS)
                   Jl. Sam Ratulangi 9-15. Jakarta 10350 Lihat Peta
Pemateri : Yanuar Nugroho ( @yanuarnugroho, Peneliti Manchester University ) dan Onno w Purbo (@onnowpurbo)


Acara ini untuk umum dan gratis. Tempat terbatas. Jika berminat, silakan mendaftar dengan mengisi form di bawah ini.

[googleform key="dGlsSDFDYk5oN2lwY25zR09LZjdzQ0E6MQ" width="500" text="Sabar ya" height="600"]


TAGS


-

Author

Follow Me